Bentuk Infinitive

Pelajaran kali ini masih seputar tentang simple present tense. Apabila dalam sebuah predicat terdapat lebih dari satu verb, maka verb kedua, ketiga dan seterusnya (kalau ada) harus memakai bentuk infinitive (verb yang memakai to didepannya). Akan tetapi jika dalam kalimat tersebut terdapat conjunction (kata penghubung) maka verb pertama sesudah conjunction dianggap sebagai verb pertama dalam predicat yang lain. Tentu anda semua sudah tahu bahwa conjunction fungsinya adalah memisahkan kalimat satu dengan kalimat lainnya.

Perhatikan contoh kalimat dibawah ini seperti yang dijelaskan diatas :

I want see my friend

Bagian yang bercetak tebal diatas adalah predicat, kata want dan see adalah verb. Maka sesuai dengan ketentuan, kalimat diatas seharusnya menjadi I want to see my friend.

Perhatikan contoh lain dibawah ini

He wants go see his friend

Bagian yang bercetak tebal diatas adalah predicat, kata wants, go dan see adalah verb. Maka sesuai dengan ketentuan, kalimat diatas seharusnya menjadi He wants to go to see his friend.

Perhatikan contoh lain dibawah ini :

She often comes and gives me some money

Bagian yang bercetak tebal diatas adalah predicat, tapi karena ada conjunction and maka kalimat diatas terdiri dari dua kalimat. Pada kalimat pertama, comes mewakili sebagai verb dan tidak ada verb lainnya maka tidak perlu dipakai bentuk infinitive. Begitu juga pada kalimat kedua, gives mewakili sebagai verb dan tidak ada verb lainnya maka tidak perlu dipakai bentuk infinitive. Kesimpulanya, kalimat She often comes and gives me some money adalah benar adanya.

4 Responses to Bentuk Infinitive

  1. yogi says:

    oh..jadi gitu ya??
    baru tau q.
    Lagi belajar bahasa inggris nih.
    mohon bantuannya

  2. nita says:

    terimakasih atas beritanya,ini sangat membantu proses belajar saya

  3. Rahmi says:

    bagus banget nih info .singkat padat jelas .teruskan dong infonya

Leave a comment